P value

P value atau 'peluang dihitung' adalah peluang menolak hipotesis nol (H0) dari pertanyaan penelitian ketika hipotesis benar. H0 menyatakan tidak adanya hubungan atau perbedaan antara variabel  pertama dengan variabel lain atau tidak adanya pengaruh variabel terhadap variabel lain.

Misalnya tidak ada perbedaan antara tinggi badan dalam grup A dan grup B. 
Tentukan H0 penelitian untuk setiap pertanyaan dengan jelas sebelum memulai penelitian Anda!

Satu-satunya situasi di mana Anda harus menggunakan 'P value satu sisi' adalah
ketika sebuah perubahan besar dalam arah (sisi sebelah kanan atau sebelah kiri dari distribusi normal) memiliki relevansi etrhadap penelitian Anda. Namun jika Anda dihadapkan pada situasi bahwa arah perubahan tidak dapat diduga yang sama sekali tidak ada relevansinya dengan riset Anda. maka sebaiknya Anda sebaiknya menggunakan  nilai 'P value dua sisi'.

Misalkan Anda memiliki dugaan bahwa dalam penelitian ada perbedaan antara tinggi badan dalam grup A dan grup B dimana dugaan awal Anda bahwa rata-rata tinggi badan grup A lebih tinggi dibandingkan grup B, maka Anda dapat menggunakan 'P value satu sisi', namun jika pada penelitian ini Anda tidak yakin dengan grup mana yang lebih tinggi (atau memiliki rata-rata tinggi yang sama untuk kedua grup) maka Anda sebaiknya menggunakan 'P value dua sisi'.

Bagikan
Bookmark and Share

Tidak ada komentar: