Run Test of Randomness

Run Test of Randomness pada prinsipnya bertujuan untuk melihat apakah sampel yang sedang diteliti diambil secara acak (random) dari populasinya. Pengujian terhadap keacakan ini penting untuk menghindari kebiasan yang terjadi dalam penarikan kesimpulan terhadap keadaan populasi. Jika ternyata sampel yang sedang diteliti tidak melibatkan unsur acak, maka sampel tersebut tidak dapat digunakan untuk dianalisis lebih lanjut.

Sebagai penggambaran awal, mari kita tilik menggunaan kata "RUN" dalam nama uji ini. Arti RUN dapat digambarkan dengan serentetan data berikut:
+ + + + - - - + - - -
Dari rentetan tanda '+' dan '-' tersebut, terdapat 4 tanda '+' secara beruntun, kemudian diikuti dengan 3 tanda '-' secara beruntun lalu tanda '+' dan dilanjutkan dengan 3 tanda '-'.
Setiap rentetan data yang berkelompok tersebut disebut sebagai satu RUN. Dengan demikian deretan tanda di atas terdiri atas 4 RUN, yakni RUN pertama terdiri atas 4 tanda '+'. lalu RUN kedua terdiri atas tiga tanda '-', lalu RUN ketiga terdiri atas satu tanda '+',dan yang RUN yang terakhir terdiri dari tiga tanda '+'.

Dari jumlah RUN tersebut dapat diketahui apakah sebuah data yang berurutan adalah bersifat acak atau tidak, Jika jumlah RUN sedikit, maka semakin kecil tingkat keacakannya. Sebaliknya, semakin besar jumlah RUN, semakin besar tingkat keacakannya.Sampel yang bersifat acak menandakan bahwa sampel diambil secara BEBAS. Dan jika sampel yang kita teliti merupakan sampel yang diambil secara bebas, maka dapat dikatakan sampel sudah merepresentasikan populasi.

Bookmark and Share

Tidak ada komentar: