Analisis klaster

Analisis klaster merupakan salah satu teknik statistik multivariat untuk mengidentifikasi sekelompok obyek yang memiliki kemiripan karakteristik tertentu yang dapat dipisahkan dengan kelompok obyek lainnya. Jumlah kelompok yang dapat diindentifikasi tergantung pada banyak dan variasi data obyek. Tujuan utama analisis ini adalah memisahkan obyek ke dalam kelompok-kelompok sehingga variasi antar obyek dalam satu kelompokan-kelompokan sehingga variasi antar obyek dalam satu kelompok lebih kecil disbanding variasi dengan obyek pada kelompok lain.

Prosedur anlisis klaster, tahapan analisis klaster dapat dibagi dalam beberapa tahap, yaitu :

1. Partisi atau pemisahan
Merupakan teknik dalam pengelompokan yang merupakan dasar anlisis. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam tahapan ini yaitu :
  • Mementukan variabel yang digunakan dalam menghitung kemiripan antar obyek
  • Menentukan ukuran jarak / kemiripan yang akan digunakan dalam perhitungan
  • Menentukan obyek ke dalam klaster atau grup
2. Interprestasi
Pada tahap ini hasil pengelompokan berupa grup-grup akan di interprestasikan sesuai nilai karateristik yang terkandung didalam obyek-obyeknya. Hasil interprestasi berupa label atau nama dari masing-masing grup.

3. Tahap Validasi dan profil
Validasi dilakukan untuk menguji bahwa hasil klaster dapat mewakili populasi penelitian, sifatnya stabil dan berlaku umum untuk obyek lainnya. Uji yang tepat dapat dilakukan salah satunya adalah dengan mengunakan fungsi diskriminan . Uji validasi ini pernah digunakan oleh Green dan Vascotto (1978), (H. Charles Romesburg, 1984). Profil menyangkut penjelasan karakteristik dari setiap grup yang telah diinterprestasikan pada tahap dua sehinnga jelas perbedaan antar grup.

Bookmark and Share

Tidak ada komentar: