MANOVA

MANOVA merupakan perluasan dari ANOVA. Perbedaan antara MANOVA dengan ANOVAterletak pada jumlah variabel dependennya ( tak bebas). ANOVAdigunakan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan pengaruh perlakuan terhadap satu variabel respon sedangkan MANOVA digunakan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan pengaruh terhadap lebih dari satu variabel respon.
MANOVA adalah teknik statistik yang digunakan untuk memeriksa hubungan antara beberapa variabel bebas (biasa disebut perlakuan) dengan dua atau lebih variabel tak bebas secara simultan. (Hair, J.E., Anderson, R.E., R.l., Black, W.C., 1998).

Asumsi

Menurut Johnson R.A., (1992) asumsi yang harus dipenuhi sebelum melakukan pengujian dengan MANOVA yaitu :
1. Data berasal dari populasi yang berdistribusi normal multivariat
2. Homogenitas Matriks Varians Kovarians

Prosedur Pengujian

Hipotesis dalam menguji perbedaan pengaruh perlakuan terhadap beberapa variabel respon yaitu
H0 : Tidak terdapat perbedaan pengaruh perlakuan
H1 : paling sedikit satu tanda sama dengan tidak berlaku

Uji Lanjut

Setelah dilakukan pengujian dan hasilnya signifikan dalam arti terdapat perbedaaan antar grup (perlakuan) maka perlu dilakukan uji lanjut untuk mengetahui variabel mana yang paling berpengaruh dalam membentuk perbedaan antar grup. Hal ini perlu dilakukan karena tidak semua variabel mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap perbedaan antar grup.
Kemudian setelah itu dilakukan uji lanjut untuk mengetahui perbedaan masing-masing individu dalam grup berdasarkan variabel yang membentuk perbedaan antar grup. Prosedur demikian dinamakan uji Post Hoc. Beberapa prosedur Post Hoc yang umum yaitu metode Scheffe, metode Tukey’s (HSD), pendekatan Fisher (LSD), Uji Duncan dan uji Newman Kuels (Hair, J.E., Anderson, R.E., R.l., Black, W.C., 1998).

Bookmark and Share

1 komentar:

Maxsyd mengatakan...

cara uji normal multivariatenya gmn gan?