Skala pengukuran

Salah satu aspek penting yang perlu dipelajari dalam memahami data adalah skala pengukuran. Skala pengukuran selain menggambarkan kualitas data yang diperoleh dari suatu penelitian, juga berfungsi menentukan alat statistik apa yang akan dipakai. Secara umum ada 4 jenis skala pengukuran, yaitu skala Nominal, Ordinal, Interval dan Rasio.
  1.  Skala Nominal,
    Ciri khas dari skala pengukuran ini adalah angka hanya sebagai simbol, angka tidak menunjukkan suatu tingkatan, operasi matematis (penambahan, pengurangan, pembagian, perkalian) tidak berlaku
  2. Skala Ordinal,
    Ciri khas dari skala pengukuran ini adalah Angka sebagai simbol, angka menunjukkan suatu tingkatan, operasi matematis (penambahan, pengurangan, pembagian, perkalian) tidak berlaku.
  3. Skala Interval,
    Skala interval adalah skala yang selain mempunyai ciri untuk membedakan dan urutan, juga mempunyai ciri jarak yang sama. Pengukuran interval mempunyai ciri saling lepas (mutually exclusive) dan lengkap terbatas (exhaustive).
  4. Skala Rasio,
    Skala rasio adalah skala data yang mempunyai 4 ciri, yaitu membedakan, mengurutkan, interval yang sama, dan mempunyai titik nol tulen, sehingga dapat menghitung rasio atau perbandingan di antara nilai. Semua ciri skala interval menjadi skala rasio, perbedaan antar nilai-nilai diketahui dan bernilai tetap, kategori nilai juga bersifat saling lepas.
Lihat juga:
Data

    Tidak ada komentar: