Analisis Multivariat

Secara umum, Analisis Multivariat atau metode multivariat berhubungan dengan metode-metode statistik yang secara bersama-sama (simultan) melakukan analisis terhadap lebih dari dua variabel pada setiap objek atau orang.
Sehingga bisa dikatakan analisis multivariat merupakan perluasan dari analisis univariat (seperti uji t) atau bivariat (seperti korelasi dan regresi sederhana)
Tujuan inti dari analisis multivariat adalah :
1 Untuk mereduksi (reduction) atau penyederhanaan struktur (structural simplied)
2 Sorting atau grouping
3 Analisis dependency (sekumpulan variable bebas dan tidak bebas)
4 Prediksi atau peramalan
5 Uji hipotesis

Pengklasifikasian Analisis Multivariat

Teknik analisis multivariat bermacam-macam, sehingga pemilihan analisis yang tepat sesuai dengan karakteristik data akan berpengaruh besar terhadap hasil interprestasi. Dalam karaktreristik data tersebut terdapat empat jenis skal pengukuran. Dari empat jenis skala pengukuran dapat dibagi ke dalam dua golongan yaitu golongan data kualitatif dan dan kuantitatif. Data kualitatif terdiri atas skala pengukuran nominal dan ordinal, dapat juga disebut dengan data non metrik, sedangkan data kuantitaif terdiri atas skala pengukuran rasio dan interval, disebut data metrik.
Hair,et al (1992) mengatakan untuk mencari teknik analisis multivariat mana yang tepat digunakan dalam menganalisis data tergantung pada tiga hal :
Dapatkah variabel-variabel yang diteliti di bagi ke dalam klasifikasi variabel bebas dan tidak bebas.
Jika dapat, berapa banyak variabel yang diperlukan sebagai variabel bebas dalam sebuah analisis tunggal.
Bagaimana caranya variabel tersebut diukur.
Sementara menurut (Dillon, 1984) metode analisis multivariat diklasifikasikan ke dalam dua kelompok yaitu :
Metode Ketergantungan (Dependence Methods), digunakan jika persoalan pokok yang akan dipecahkan adalah mengenai hubungan antar dua kelompok variabel, dimana kelompok yang satu adalah variabel-variabel bebas sedangkan yang lain adalah variabel-variabel tidak bebas.
Metode Saling ketergantungan (Interdependence Methods), digunakan jika diantara variabel yang diukur tidak dibedakan antara variabel bebas dan variabel tidak bebas, sehingga persoalan pokoknya adalah tentang saling ketergantungan, atau hubungan yang bersifat simetris.

Bookmark and Share

Tidak ada komentar: